Mengikuti Sang Guru Ilahi

yesus-mengusir-roh-jahat-1

Renungan Harian


Banyak orang mengikuti  Yesus, dari Galilea, dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan dan dari daerah Tirus serta Yordan. Mengapa begitu banyak orang yang berbondong-bondong mengikuti Yesus? Jawabannya ialah karena Yesus mempunyai hati untuk manusia dan selalu terbuka untuk manusia. Itulah alasan mengapa orang mencari dan menemukan Dia, ke mana saja Ia pergi. Semua orang ingin dekat dan bersama dengan Dia, agar dapat menimba kekuatan dan semangat baru dari energi Sabda dan Roh-Nya.

Sebagai pengikut Yesus, hendaknya kita belajar untuk seperti Dia, meniru (Sequella Christi) apa yang telah dilakukan-Nya. Pada masa kini, kita akan lebih mudah untuk menemukan hal atau perbuatan yang bertolak belakang dengan apa yang telah dilakukan Yesus semasa hidup-Nya. Kita sering melihat para pemimpin bangsa ini, yang menabur janji-janji indah untuk menarik simpati dan suara rakyat. Tetapi begitu mereka mendapat apa yang mereka harapkan dan inginkan, mereka langsung lupa akan janji-janjinya.

Yesus sungguh berbeda dengan para pemimpin bangsa ini. Yesus tidak pernah menabur janji-janji indah untuk menarik simpati rakyat. Dia langsung bertindak untuk membantu setiap orang yang datang kepada-Nya dalam situasi dan kondisi mereka apa adanya. Dengan bersikap demikian, Yesus ingin mengajarkan kepada para murid-murid dan para pengikutnya agar dalam pelayanan, kita harus mengutamakan perbuatan dari pada janji-janji manis yang semu. Sebagai pengikut Sang Guru Ilahi, beranikah kita berkorban dan mempertaruhkan kesenangan pribadi demi memperjuangkan kepentingan sesama? Semoga!

salam

Sdr. Cut Noris Purba, OFM. Cap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>